Syarat Untuk Menjadi Model

syarat-tinggi-minimal-menjadi-modelBuat kamu-kamu yang ingin menjadi seorang model profesional dan terkenal, bisa memulai langkah dari mengikuti lomba atau kontes model. Saat kamu mengikuti kontes, pastinya setiap peserta ingin juara. Namun semua itu tergantung pada keputusan juri. Lalu tahukah kamu bagaimana cara memenangkan kontes itu? Apa kulit mempengaruhi? Apa harus cantik?
Nah, tentunya kamu harus memenuhi syarat untuk menjadi pemenangnya. Contohnya, pada umumnya untuk dewasa persyaratan ada di tinggi badan. Untuk model catwalk dan model foto itu berbeda. Model catwalk harus memiliki tinggi 170cm untuk wanita dan 180cm untuk laki-laki. Sedangkan untuk model foto, tinggi badan tidak menjadi masalah. Kulit dan mata pun tidak menjadi persyaratan menjadi model. Biasanya harus memiliki syarat 4B, brain, beauty, behaviour, dan brave. Untuk bisa menjadi model profesional, kamu bisa melihat tips dari para model seperti Ratih Sanggarwati yang pernah punya pengalaman model internasional ditahun 1992-1997. Dalam buku yang ditulisnya, Ratih berbagi pengalaman menjadi pragawati profesional. Salah satunya syarat-syarat menjadi seorang model yaitu:
Fisik yang memadai

Penuhilah syarat standar untuk menjadi seorang model. Temukan kualitas fisik terbaik yang nantinya akan menjadi image yang akan menentukan kualitas kamu kelak.
Siapkan mentalmu

Kematangan mental kamu akan membuat kamu akan bersikap lebih dewasa. Untuk hal dipuji itu sudah menjadi hal yang biasa, namun ketika masalah buruk menimpamu, barulah itu hal yang luar biasa.
Totalitas

Kamu harus memiliki totalitas untuk melakukan semua hal sehingga semuanya mendapatkan hasil yang baik. Jika kamu sudah mengambil keputusan menjadi seorang model, pelajarilah lingkungan kerja model dan tanggung jawabnya. Dan kamu harus tau persiapan apa yang harus dimiliki setiap model, karena memang kamu mencari penghasilan dari profesi itu. Jadi perdalamlah pengetahuan mu tentang dunia model.
Selain itu ada beberapa hal juga yang harus diketahui oleh kamu ketika memilih untuk berkarir didunia mode.
Kerja Keras

Kalau ditanya kesan dunia mode itu seperti apa, kebanyakan mereka mengatakan glamou dan seneng-seneng. Realitanya, pengakuan dari beberapa model terkenal mengaku kalau mereka kerja keras, “Kami kerja keras, dan Glamor itu pekerjaan kami karena model dituntut seperti itu. Kalau enggak glamor, kami tidak profesional. Di panggung kami tampak glamor karena make up dan lighting.”
Karakter & Mood

Ternyata karakter dan mood sangat mempengaruhi seorang model profesional ketika ia berjalan diatas catwalk . “Model itu kan kayak manekin. Beda baju, beda pula karakter dan mood-nya. Model harus bisa bawakan peran berbeda-beda itu, dan Mood itu tergantung karakter baju dan permintaan desainer.”
Penampilan

Hal ini sangat wajib, karena penampilan mencerminkan karakter seorang model profesional. “Seorang model harus tahu kewajiban menjaga badan, muka, dan rambut.”
Selamat mencoba, semoga kamu bisa menjadi seorang model profesional dan terkenal!

Bookmark the permalink.

Comments are closed